Followers

Minggu, September 20, 2009

Kekuatan Doa

Bismillahirrahmaanirrahiim

Doa merupakan sarana manusia memohon atau bermunajat kepada penciptanya Allah "Azza wa Jalla".

"Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".( Al Mu'min 60)

Memohonlah hanya kepada Allah Yang Maha Memperkenankan doa-doa hambanya yang beriman. Apa yang anda minta, mintalah karena Allah Maha mendengar walaupun itu hanya terbesit didalam benak anda.

Pertanyaan yang sering ada dibenak adalah kenapa doa kita belum terkabul juga?

Sesungguhnya Allah Maha memperkenankan selalu mengabulkan doa yang kita panjatkan tetapi yang perlu anda perhatikan bahwa secara tidak sadar kita menampik atau menolak apa yang kita pinta, aneh bukan. Memang aneh ibarat kita minta makanan, setelah diberi kita menolaknya dengan sombong. Itulah manusia selalu berburuksangka kepada Yang Maha Pencipta.

Allah "Azza wa Jalla" mengabulkan doa seseorang itu ada caranya, misal

  1. Niatkan betul-betul apa yang kita minta.
  2. Mengimani bahwa Allah Maha Mendengar, Maha Memperkenankan doa yang kita panjatkan
  3. Menyiapkan segala ujian yang akan Allah "Azza wa Jalla" berikan kepada anda.
1. Niatkan betul-betul apa yang kita minta
Mintalah dengan sepenuh hati jangan setengah-setengah. Misalnya ingin mempunyai anak, mempunyai pasangan yang soleh/soleha. Mintalah diwaktu yang bagus misalnya sehabis Sholat berjama'ah atau diwaktu lain yang menurut anda tepat.

2. Mengimani bahwa Allah Maha Mendengar, Maha Memperkenankan doa yang kita panjatkan.
Allah "Azza wa Jalla" pasti dan pasti mendengar doa kita dan memperkenankan doa kita. Kita harus berbaik sangka jangan berburuk sangka. Dimana kita berada sekarang ini itu atas kehendak Allah bukan atas kehendak anda.

3. Menyiapkan segala ujian yang akan Allah "Azza wa Jalla" berikan kepada anda.
Inilah faktor terpenting terkabulkan atau tidaknya doa kita. Saya ambil perumpamaan jika anak anda meminta makanan kepada anda tetapi anda lihat tangannya kotor apakah anda akan memberikannya, pasti tidak. Anda akan menyuruh anak anda untuk mencuci tangannya dulu baru diberikan apa yang dia minta.
Allah Yang Maha Memperkenankan akan menguji mereka yang bermunajat kepadaNya terlebih dahulu gunanya agar mereka menyadari apakah doanya itu akan menjerumuskannya kekebaikan atau keburukan. Allah Maha Mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk untuk hambanya karena Allah Maha Pengasih Maha Penyayang.

Sebagai contoh.
Ada seseorang wanita hamil yang ingin sekali melahirkan anak dengan selamat dan sehat . Wanita itu bermunajat kepada Allah "Azza wa Jalla" Dengan niat yang penuh dan keimanan yang mantap maka Allah "Azza wa Jalla" mengujinya.

"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi"? (Al 'Ankabuut 2)

Kira-kira 1 minggu sebelum hari kelahiran anaknya dia diuji Allah "Azza wa Jalla" mengujinya. Tiba-tiba saudara iparnya menikah. Kemudian ingin meminjam uang sebesar 1 juta rupiah. Sedangkan uang yang terkumpul hanya Rp 1.400.000,- . Jadi kalau diberikan uang tersebut maka uang untuk persalinan tinggal Rp 400.000,-. Ini merupakan ujian yang berat. Atas kehendak Allah"Azza wa Jalla" dibukalah hati mereka dengan memberikan pinjaman dengan mengatakan "Insya Allah ini merupakan ujian dari Allah "Azza wa Jalla" untuk memperkenankan doa kita". Mereka berkeyakinan penuh bahwa Allah "Azza wa Jalla" akan menolong mereka. Dan itupun terjadi. Dan Alhamdulillah proses persalinan sangat lancar dan biaya yang dikeluarkan sangatlah murah Rp 200.000. Kemudian tidak itu saja biaya tersebut ditanggung oleh bos tempat suaminya bekerja. Belum lagi pakaian-pakaian bayi, alat-alat makan bayi, tempat tidur bayi, dan segala keperluan bayi tercukupi tanpa membeli alias gratis hadiah dari teman-teman dan sadara mereka.

Itulah salah satu contoh pengalaman yang saya ketahui dalam proses memohon kepada Allah "Azza wa Jalla". Mungkin anda juga mempunyai pengalaman yang pernah anda rasakan. Cobalah untuk merenungi kembali.


wassalam

1 komentar:

  1. trims atas siraman sejuknya, semoga Allah SWT membalas dengan kebaikan yang berlipat ganda, amin

    BalasHapus