Followers

Minggu, September 20, 2009

Dunia

Assalamu'alaikum

A'udzubillahiminasyathonirrojim Bismillahirrahmaanirrahiim
"Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya"? (Al An'aam 32)
Dunia secara zhahir adalah tempat dimana makhluk hidup (manusia, binatang,tumbuhan,dan alam) saling berinteraksi.
Tetapi tahukah anda bahwa dunia ini hanyalah terbatas dari diri anda sendiri.
Sebenarnya dunia itu terbatas pada diri anda sendiri, dapat dilihat dengan mata, didengar oleh telinga, dicium dengan hidung, dirasa dengan indera peraba.

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (Al Baqarah 30)

Penjelasan
Cobalah anda pikirkan bahwa anda sebenarnya berada disituasi antara :











Allah "Azza wa Jalla", Bumi, dan Anda

Situasi inilah yang terjadi pada diri anda sendiri. Diciptakan 1 manusia untuk 1 dunia. Hanya ada Allah Maha Pencipta, dunia, dan anda. Apa yang anda lihat, dengar, raba, hanyalah slide show yang Allah Maha Pencipta berikan kepada anda. Orangtua, saudara, dan orang lain itu adalah dunia-dunia lain yang Allah "Azza wa Jalla" ciptakan dengan kondisi pasti berbeda dari dunia anda. Apabila mata anda buta, telinga anda tuli, bisu, apakah anda akan dapat merasakan dunia itu. Kematian adalah Kiamat kecil itulah pernyataanya.

Jadi untuk apakah dunia itu bagi manusia ?

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku". (Adz Dzaariyaat 56)

Dunia ini merupakan tempat dimana interaksi antara manusia dengan penciptanya dan manusia(dunia) dengan manusia(dunia) yang lain. Manusia diberi oleh Allah Maha Pencipta hati dan akal untuk memikirkan bahwa manusia diciptakan bukan untuk main-main tetapi untuk menyadari bahwa ada dicipta pasti ada yang mencipta.
Dunia telah disiapkan Allah Maha Pencipta dengan berbagai ujian-ujian. Dan Allah telah menyiapkan 2 jalan kepada manusia di dunia yaitu jalan kebajikan dan jalan kejahatan.

"Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan(jalan kebajikan dan jalan
kejahatan)" Al Balad 10

























keterangan :

Kekiri : Penuh dengan kenikmatan dan kelezatan dengan terminal neraka
Kekanan : Penuh dengan ujian dan rintangan dengan terminal Surga

Silahkan Anda memilih karena hidup memang memilih.

Itulah sebatas dari Ilmu yang Allah berikan kepada manusia. Saya hanya memaparkan apa yang saya tahu. Yang benar datangnya dari Allah "Azza wa Jalla" dan kekeliruan datangnya dari hamba sendiri.


Wassalam

1 komentar:

  1. Wishing you and your loved ones a happy and meaningful Eid ul-Fitr and thank you profoundly for a enlightening post.

    BalasHapus