Followers

Rabu, September 23, 2009

HAKIKAT MANUSIA

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wa barokatuh

Bismillahirrahmaanirrahim

فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"(Ar Rahmaan:16)

"Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat: "Bersujudlah kamu kepada Adam", maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud"(Al A'raaf 11)

"Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan". (Al Israa' 70)


Sebenarnya manusia hari ini dan disaat anda membaca tulisan ini dilingkupi oleh hal-hal yang sebenarnya tidak nyata. Memang susah untuk dimengerti bagi mereka yang belum dibuka mata batinnya. Penulis akan menggambarkan kejadian-kejadian yang mungkin anda tidak menyadarinya sama sekali.


Hakikatnya manusia itu tidak jauh beda dengan seonggok batu ditengah jalan atau sebatang kayu yang terbawa oleh arus sungai. Pernahkah anda membayangkan apa yang ada di dalam tubuh anda sekarang. Ya didalam tubuh terdiri dari berbagai macam sel-sel yang menyusun. Anda tidak mungkin akan sehat bila sel-sel tersebut rusak. Anda tidak akan bisa berfikir bila sel-sel otak anda rusak. Anda tidak akan bisa beraktifitas bila sel-sel otot anda rusak. Sel-sel tersebut membutuhkan pula cakupan makanan untuk kelangsungan hidup mereka.

"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)". (Huud 6)

Allah "Azza wa Jalla" lah yang memberikan rezeki kepada seluruh dan semua makhluk dari yang terbesar sampai yang berukuran kecil dibumi tanpa terkecuali. Dimanakah kekuatan anda sebenarnya ? Oleh karena itulah jangan sekali-kali anda menganggap bahwa kesuksesan anda diraih atas usaha anda sendiri. Memang secara nyata kita melihat bahwa kita telah bekerja keras untuk meraih apa yang kita impikan. Tetapi hakikatnya itu adalah kehendak dan Takdir Allah "Azza wa Jalla" yang terjadi kepada anda.

Cobalah anda berfikir ketika anda membaca tulisan ini. Anda dapat melihat dan mencerna tulisan ini sehingga otak dapat mencerna kesimpulan yang penulis buat. Berapa banyak sel-sel yang bekerja. Berapa banyak energi yang keluar? Berapa banyak rezeki yang Allah Maha Pemberi Rezeki berikan kepada anda. Kesimpulannya bahwa anda sebenarnya hanyalah sebuah patung yang dibuat dari tanah liat yang diberi bentuk. Karena kasih sayang yang diberikan oleh Allah Ar Rahmaan Ar Rahiim kepada manusia maka diberilah kekuatan untuk beraktifitas.

"Maka (yang sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allahlah yang membunuh mereka, dan bukan kamu yang melempar ketika kamu melempar, tetapi Allah-lah yang melempar. (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mukmin, dengan kemenangan yang baik. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". (Al Anfaal 17)

Ya Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang begitu banyak nikmat yang engkau berikan kepada kami. Ya Allah jadikanlah hamba menjadi hamba yang pandai bersyukur Ya Allah Al Wahab. Kami sadar bahwa tidak ada yang bisa kami dustakan atas nikmatmu. Dihari ini, disaat ini pun Engkau masih terus memberikan kami nikmat.

"Dan di antara mereka ada orang yang bendoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka"(Al Baqarah 201)


Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar