Followers

Rabu, September 23, 2009

NASIHAT

Assalamu'alaikum warromatullahi wa barokatuh

Bismillahirrahmaanirrahiim


Menurut Syeh Abdul Kadir Al Jaelany, manusia itu terbagi menjadi 4 bagian :

  1. Orang yang tidak berlisan dan tidak berhati yaitu orang yang durhaka. Hati-hatilah, jangan sampai engkau seperti mereka.
  2. Orang yang berlisan tapi tidak berhati sehingga ia berbicara dengan hikmah ( ilmu dan kata mutiara ) tapi tidak mengamalkannya. Ia mengajak manusia beriman dan beramal saleh serta takwa kepada Allah "Azza wa Jalla", sementara dia sendiri menjauhi Allah " Azza wa Jalla". Jauhilah mereka, supaya kamu tidak tertipu oleh keindahan perkataan mereka yang bisa membuatmu terbakar oleh kemaksiatan atau terbunuh oleh kebusukan hati mereka.
  3. Orang yamg memiliki hati tapi tidak memiliki lisan, yaitu mukmin yang pandangannya ditutupi oleh Allah "Azza wa Jalla" dari kejelekan makhlukNya dan Allah " Azza wa Jalla" memperlihatkan aib dirinya, hatinya terang serta pandai bergaul. Orang ini termasuk wali Allah. Maka bergaullah engkau dengannya, niscaya Allah "Azza wa Jalla" mencintaimu.
  4. Orang yang belajar dan mengajar serta mengamalkan ilmunya. Ia mengetahui tanda-tanda kebesaran Allah "Azza wa Jalla" dan Allah "Azza wa Jalla" melapangkan dadanya untuk siap menerima macam-macam ilmu. Karenanya , dekatilah ia untuk meminta nasihat kepadanya.
Kemudian ketahuilah, bahwa asal arti kata zuhud adalah menjauhi hal-hal yang diharamkan, yang besar dan yang kecil, dan mengerjakan sesuatu yang diwajibkan, baik yang mudah maupun yang sukar, serta meninggalkan dunia, kepada ahlinya yang sedikit dan yang banyak.

Keterangan :

Barangsiapa tidak memiliki sifat Wara', maka tidak sah baginya Zuhud. Barangsiapa tidak bertobat, maka tidak sah baginya Inabah( mengeluarkan hati dari segala kegelapan dan kesamaran). Barangsiapa tidak Qana'ah, maka tidak sah baginya Tawakal, dan barangsiapa yang tidak bertawakal,maka tidak sah baginya Taslim ( berserah diri kepada hukum allah "Azza wa Jalla" dan tidak menghindarkan diri dalam hal yang tidak Ia setujui padanya).

sumber : Kitab Nashaihul Ibad


Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar