Followers

Senin, Desember 28, 2009

Al Qur'an

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Bismillahirrahmaanirrahiim

Allahumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad

Alhamdulillah. Segala puji Engkau Ya Allah "Azza wa Jalla" yang telah memberikan nikmat-nikmat kepada seluruh makhluk yang ada di langit dan di bumi.




ذَلِكَ الْكِتَابُ لا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ



Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, (Al Baqarah 2)

هَذَا بَصَائِرُ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ



Al Quran ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini.(Al Jaatsiyah 20)


Allah "Azza wa Jalla" menciptakan manusia dengan sebagus-bagusnya bentuk. Dilahirkan kedunia dari keadaan yang bersusahpayah. Allah yang Maha Pengasih Maha Penyayang tidak membiarkan manusia begitu saja berada dalam kegelapan. Dengan itu Allah "Azza wa Jalla" memberikan katalog bagaimana manusia seharusnya hidup dialam dunia ini yang namanya Al Qur'an. Dalam surat pertama yaitu Al Fatihah Allah "Azza wa Jalla" menjelaskan agar manusia selalu beribadah kemudian berdoa agar diberikan jalan yang lurus.

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ



(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.(Al Faatihah 7)

Allah "Azza wa Jalla" sangat mencintai manusia dengan memberikan Al Qur'an sebagai petunjuk. Manusia yang tidak ingin membaca dan memahami isi kandungan yang ada didalam Al Qur'an maka akan tersesat. Dan orang yang tersesat akan terjerumus kedalam jurang api neraka. Na'udzubillahiminzalik. Makanya hanya orang-orang yang bertaqwalah yang dapat mengambil intisari dari setiap ayat-ayat Al Qur'an sehingga kehidupannya akan terus bersinar didunia dan di akhirat.Didalam Al Qur'an banyak sekali obat-obat atau solusi atas ujian yang Allah "Azza wa Jalla" akan berikan kepada manusia dialam dunia ini.

Kita umpamakan manusia seperti televisi. Pertama bila kita membeli tv pasti ada katalog didalamnya. Didalam katalog tersebut dipaparkan cara-cara mengoperasikan Tv tersebut. Mulai dari menghidupkan sampai mengedit agar tampilan layar menghasilkan gambar yang cukup bagus. Suatu saat pasti Tv tersebut akan mengalami kerusakan. Dalam katalog tersebut pasti ada penjelasannya kenapa ini rusak ? Bagian mana yang salah ? dan bagaimana cara memperbaiki yang rusak tersebut? Begitulah manusia tak ubahnya Barang eletronik yang lain. Tidak kekal dan abadi. Allah "Azza wa Jalla" Maha Mengetahui apa yang akan terjadi pada ciptaanNya. Jika manusia ingin memperbaiki kerusakan yang terdapat pada dirinya maka peganglah kuat Al Qur'an ini.

وَيَوْمَ نَبْعَثُ فِي كُلِّ أُمَّةٍ شَهِيدًا عَلَيْهِمْ مِنْ أَنْفُسِهِمْ وَجِئْنَا بِكَ شَهِيدًا عَلَى هَؤُلاءِ وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَى لِلْمُسْلِمِينَ



(Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri. (An Nahl 89)

Hakikatnya jika kita menelisik jauh kedalam Al Qur'an terkandung banyak hal. Mulai dari penciptaan alam semesta sampai dengan keadaan alam terakhir yaitu surga dan neraka. Banyak kisah-kisah yang sengaja Allah "Azza wa Jalla" berikan sebagai pembelajaran bagi seluruh manusia yang hidup sesudahnya. Bagaimana keteguhan Nabi Ibrahim dalam menegakkan agama Allah ketika ia menghancurkan berhala, dibakar didalam api dan pada Nabi Musa As dengan keberaniannya menjelaskan siapa Tuhan manusia yaitu Allah "Azza wa Jalla" kepada orang yang mengaku tuhan yaitu Fir'aun. Dan masih banyak kisah-kisah yang lainnya yang dapat kita ambil hikmahnya.

وَكُلا نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ وَجَاءَكَ فِي هَذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ


Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman. (Huud 120)

لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لأولِي الألْبَابِ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَى وَلَكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ



Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. (Yusuf 111)

Beruntunglah manusia yang hidupnya penuh dengan Al Qur'an. Kehidupannya akan baik karena memegang kitab yang berisikan cara hidup yang baik yang diberikan oleh Allah "Azza wa Jalla" yang Maha Pengasih Maha Penyayang. Merugilah manusia yang tidak ingin membaca dan memahami Al Qur'an sebagai kitab kehidupan karena kehidupannya akan berisikan hal yang tidak baik. Kehidupan mereka kering sebagaimana tumbuhan yang tidak pernah disiram dengan air.

أَفَمَنْ كَانَ عَلَى بَيِّنَةٍ مِنْ رَبِّهِ وَيَتْلُوهُ شَاهِدٌ مِنْهُ وَمِنْ قَبْلِهِ كِتَابُ مُوسَى إِمَامًا وَرَحْمَةً أُولَئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِ وَمَنْ يَكْفُرْ بِهِ مِنَ الأحْزَابِ فَالنَّارُ مَوْعِدُهُ فَلا تَكُ فِي مِرْيَةٍ مِنْهُ إِنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لا يُؤْمِنُونَ



Apakah (orang-orang kafir itu sama dengan) orang-orang yang ada mempunyai bukti yang nyata (Al Quran) dari Tuhannya, dan diikuti pula oleh seorang saksi (Muhammad) dari Allah dan sebelum Al Quran itu telah ada Kitab Musa yang menjadi pedoman dan rahmat?. Mereka itu beriman kepada Al Quran. Dan barangsiapa di antara mereka (orang-orang Quraisy) dan sekutu-sekutunya yang kafir kepada Al Quran, maka nerakalah tempat yang diancamkan baginya, karena itu janganlah kamu ragu-ragu terhadap Al Quran itu. Sesungguhnya (Al Quran) itu benar-benar dari Tuhanmu, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.(Huud 17)

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar